Kamis, 10 Mei 2012 Tags: 0 komentar

PKM-GT



 



The Learning University



PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA



POTENSI BUAH LABU KUNING (Cucurbita moschata) UNTUK BAHAN BAKU PEMBUATAN MIE INSTAN
SEBAGAI BAHAN  MAKANAN YANG SEHAT





BIDANG KEGIATAN :
PKM – GT





Diusulkan oleh :
Fadhilah Rahayu      (110341421532)/2011
Lia Sepda K.              (110412406499)/2011
Novrika Rusyiana     (110412406505)/2011




UNIVERSITAS NEGERI MALANG
MALANG
2011

HALAMAN PENGESAHAN USUL PKM – GT


1. Judul Kegiatan            :  Potensi Buah Labu Untuk Bahan Baku Pembuatan Mie Instan
                                             Sebagai Bahan  Makanan Yang Sehat


2. Bidang Kegiatan     : ( ) PKM – KC                       (Ö ) PKM – GT

3. Ketua Pelaksana Kegiatan
a. Nama Lengkap                                      : Fadhilah Rahayu
b. NIM                                                       : 110341421532
c. Jurusan                                                    : Biologi
d. Universitas                                             : Universitas Negeri Malang
e. Alamat Rumah dan No. Telp/Hp                       : Jalan Kresna RT 07/ RW 03 N0. 17A  Kelurahan  Polehan Malang /   08990350058
f.  Alamat E-mail                                        : fadhilahrahayu@ymail.com

4. Anggota pelaksana Kegiatan/Penulis          : 2 Orang

5. Dosen Pembimbing
a. Nama Lengkap dan Gelar : Drs. Purbo Suwarsono.M.Si.
b. NIP : 196602151990011001
c. Alamat Rumah dan no.tlp : Jl. Ambarawa Dalam no.3/08123319490

 Malang, 15 Desember  2011

Menyetujui,
Ketua Jurusan Biologi FMIPA                                               Ketua Pelaksana Kegiatan,





Dr. Abdul Ghofur                                                       Fadhilah Rahayu
NIP 196003111988031003                                        NIM 110341421532


Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan,                Dosen Pendamping
Universitas Negeri Malang

 Drs. Kadim Masjkur, M.Pd.                                                  Drs. Purbo Suwarsono M.Si
NIP19541216 198102 1 001                                     NIP 196602151990011001




KATA PENGANTAR



Bismillahir Rahmanir Rahiim,,
Puji syukur Penulis ucapkan atas kehadirat Allah SWT karena atas rahmat dan hidayah-Nya, sehingga Penulis dapat menyelesaikan karya tulis yang berjudul  Potensi Buah Labu Untuk Bahan Baku Pembuatan Mie Instan Sebagai Bahan  Makanan Yang Sehat Tanpa Bahan Pengawet
Pada akhirnya, dalam menyelesaikan karya tulis ini, Penulis telah banyak menerima bantuan dari berbagai pihak sehingga dalam waktu yang relatif singkat karya tulis yang sederhana ini dapat terwujud. Oleh karena itu, Penulis berkenan untuk menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada         :
1. Kedua orangtua tercinta dan segenap keluarga yang telah banyak memberi dorongan baik moril maupun materiil.
2. Bapak Drs. Kadim Masjkur, M. Pd selaku Pembantu Rektor III Universitas Negeri Malang.
3. Ibu Dra. Susilowati, M.Si selaku Pembantu Dekan III FMIPA Universitas Negeri Malang yang telah berkenan memberikan motivasi kepada Penulis.
4. Bapak Drs. Purbo Suwarsono, M.Si yang telah membimbing Penulis dalam pembuatan karya tulis ini sehingga dapat terselesaikan secara keseluruhan.
Semoga Allah S.W.T berkenan mencatatnya sebagai amal shaleh. Seperti kata pepatah “Tak Ada Gading Yang Tak Retak” begitu pula dengan makalah ini, penulis menyadari bahwa sebagai seorang pemula, makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu saran  dan kritik yang membangun sangat kami penulis harapkan. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca serta semua pihak. Dengan iringan doa semoga karya tulis ini bisa bermanfaat dalam pengembangan pendidikan dan wacana berpikir kita bersama. Amin



 Malang,15 Desember 2011


 Penulis




POTENSI BUAH LABU KUNING (Cucurbita moschata) UNTUK BAHAN BAKU PEMBUATAN MIE INSTAN
SEBAGAI BAHAN  MAKANAN YANG SEHAT

Fadhilah Rahayu, Lia Sepda Kristin, Novrika Rusyiana
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam serta Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang


RINGKASAN
     Saat ini banyak masyarakat yang tidak mempedulikan akan pentingnya makanan yang sehat bagi tubhnya. Kebanyakan dari mereka lebih mementingkan kemudahan dalam mengkonsumsi makanan tersebut. Mereka tidak memperhatikan bahan-bahan berbahaya yang terkandung didalamnya. Hal ini memicu masyarakat untuk mengkonsumsi mie instan atau makanan yang siap saji.
     Sebenarnya banyak sekali makanan sehat yang bisa dikonsumsi oleh masyarakat jika mereka mau peduli dengan kesehatan dan tidak hanya mementingkan kemudahan serta kepraktisan yang akan mereka peroleh. Apabila mereka hanya mementingkan hal tersebut mereka sendiri yang akan menanggung resikonya. Bahan-bahan berbahaya yang terkandung dalam makanan siap saji akan menumpuk dalam tubuh mereka dan pada akhirnya akan menimbulkan penyakit yang berbahaya.
     Solusi yang pernah ditawaran pada masyarakat adalah mie dari bahaya yang banyak mengandung karbohidrat dan vitamin. Sama halnya dengan mie dari buah labu ini yang juga mengandung banyak vitamin dan karbohidrat yang baik untuk kesehatan dan bisa untuk mencegah berbagai macam penyakit.

PENDAHULUAN
Latar Belakang
Mie instan yang sekarang ini banyak dikonsumsi oleh masyarakat nampaknya menjadi salah satu makanan favorit  bagi kita semua. Bangaimana tidak, selain menghemat waktu cara memasaknya pun mudah. Namun dari kemudahan yang kita peroleh, kita tidak tahu apakah di dalam mie instan tersebut terdapat bahan yang berbahaya dan bahan pengawet yang dapat mengganggu kesehatan kita. Bahan-bahan berbahaya pada mie instan tersebut dapat menyebabkan penyakit pada tubuh kita.
Menurut tes yang dilakukan oleh Departemen Kesehatan Taiwan, Indomie memiliki 2 bahan pengawet yang tidak lolos dalam klasifikasi barang impor, yaitu bahan pengawet hydroxy methyl benzoate pada minyak dan bahan pengawet benzoic acid pada bumbunya. Kepala administrasi bagian medicine food Wang Shu Fen menyatakan, hydroxy methyl benzoate biasanya dipakai untuk bahan kosmetik. Taiwan sendiri melarang memakai bahan pengawet ini di dalam makanan. Adapun benzoic acid dipakai untuk bahan pengawet makanan, tetapi dilarang dipakai di mie instan. Bahan pengawet ini jika dikonsumsi berkepanjangan akan merusak kinerja liver, sakit maag, muntah, dan keracunan asidosis metabolik.(bisniskeuangan.kompas.com)
 Ada orang yang sekarang usianya sekitar 48 tahunan tapi sudah 4 tahun terakhir ini kemana-mana membawa alat sebagai pengganti anusnya, karena usus bawah sampai dengan anus telah dipotong sebab sudah tidak bisa dipakai lagi pasalnya waktu mahasiswa dengan alasan ekonomi mengkonsumsi mie instant secara berlebihan sehingga bagian usus yang dipotong tersebut adalah tempat mengendapnya bahan pengawet yang selalu ada di setiap mie instant mungkin sejenis borax pengawet untuk mayat (data menunjukan bahwa import borax dan sejenisnya sangat besar ke Indonesia) dan akibatnya menimbulkan pembusukan ditempat tersebut.(sumber:http://penyakit.biz/bahaya-mie-instan-bagi-kesehatan)
 Ada orang yang pernah terkena kanker getah bening (8 kelenjar getah bening kena), dan berobat selama hampir 1 tahun di Singapore menghabiskan lebih dari 1 Milyar pada tahun 1996 sampai 1997, akibat dia mengkonsumsi indomie plus korned selama 4 tahun terus menerus setiap hari(dengan alasan karena istrinya sibuk kerja). Menurut dokter yg mengobati nya, penyebab utamanya adalah pengawet yg ada di indomie dan korned tersebut. (sumber:http://penyakit.biz/bahaya-mie-instan-bagi-kesehatan)
Di tabloid Nova dikisahkan seorang anak yang bernama Hilal ususnya harus dipotong karena kebanyakan makan mie instan. (www.tabloidnova.com )
Berdasarkan uraian tersebut di atas, kami mencoba menuangkan gagasan kami untuk membuat makanan yang instan tetapi sehat untuk dikonsumsi oleh masyarakat. Makanan sehat itu adalah mie yang terbuat dari buah labu yang akan diproses sedemikian rupa sehingga menjadi makanan instan yang menyehatkan. Labu merupakan salah satu jenis tumbuhan merambat yang cukup digemari masyarakat khususnya masyarakat Indonesia. Selain dijadikan sayuran atau menu masakan lainnya, labu juga sering dijadikan cemilan atau makanan ringan seperti kolak. Buah labu juga sangat baik untuk  mengobati  berbagai macam penyakit dan untuk menjaga kesehatan.
            Buah labu kaya akan kandungan gizinya, terutama vitamin A, vitamin C, dan betakaroten sehingga sangat baik untuk kesehatan mata maupun meningkatkan daya tahan tubuh. Buah labu juga kaya dengan kandungan mineralnya seperti fosfor , kalsium, zat besi, dan  kalium. Kandungan energi dalam 100 gram buah labu tercatat sebanyak 20 hingga 34 kalori, protei 1gram, dan lemak 0,1 gram.
            Kandungan air yang banyak dan seratnya yang cukup tinggi juga baik untuk melancarkan pencernaan, mengatasi peradangan, demam, dan penyakit diare. Manfaat buah labu yang penting lainnya adalah kandungan enzim dalam kulit buahnya. Zat ini manjur dalam mengatasi penyakit jamur.
            Buah labu ini berasal dari Amerika. Di Indonesia sendiri buah labu tumbuh subur didaerah dataran rendah hingga ketinggian 1500mdpl. Tanaman ini mampu beradaptasi dengan baik pada kondisi hangat dengan temperatur 18-27 derajat. Batangnya merambat mencapai 5-10 meter, cukup kuat, berbulu agak tajam dan bercabang banyak.
            Pananamannya sendiri dapat dilakuka disawah, pekarangan, ataupun sawah tegalan. Buah labu ini sangat cocok dimanfaat untuk mebuat makanan sehat karena banyak mengandung vitamin dan kandungan mineral lainnya.

Tujuan          
1.      Mengetahui potensi buah labu untuk bahan baku pembuatan mie instan sebagai bahan makanan yang sehat tanpa bahan pengawet.
2.      Menciptakan ide, gagasan atau kreasi baru tentang mie instan dari buah labu.
3.      Mengetahui proses pengolahan buah labu sebagai bahan baku pembuatan mie instan sebagai bahan makanan yang sehat tanpa bahan pengawet.
4.      Mengetahui teknik implementasi pembuatan mie instan dari buah labu yang aman dikonsumsi oleh masyarakat

Manfaat        
1.      Sebagai bahan masukan bagi pemerintah dan peneliti untuk mengembangkan tanaman buah labu agar dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif bahan makanan yang bergizi dan menyehatkan.
2.      Memberikan informasi kepada masyarakat mengenai pendayagunaan karbohidrat  dan serat  dari buah labu kuning sebagai bahan baku mie instan yang berkualitas tinggi dan aman.
3.      Menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi mie dari buah labu yang kaya akan manfaat bagi tubuh kita.
4.      Mengurangi angka kematian atau penderita penyakit kerusakan usus dan kanker getah bening

GAGASAN
Kondisi Kekinian
Bahaya Mie Instan Bagi Kesehatan



bahaya mie instan
Gambar.2.2 Mie Instan
Mie instan diciptakan oleh Momofuku Ando pada tahun 1958, yang kemudian mendirikan perusahaan Nissin dan memproduksi produk mie instan pertama di dunia Chicken Ramen (ramen adalah sejenis mie Jepang) rasa ayam. Kemudian pada tahun 1971 Nissin memperkenalkan mie dalam gelas bermerek Cup Noodle. Kemasan mie yang digunakan adalah wadah styrofoam tahan air yang bisa digunakan untuk memasak mi tersebut. Inovasi berikutnya termasuk menambahkan sayuran kering ke gelas. Menurut sebuah survei Jepang pada tahun 2000, mie instan adalah ciptaan terbaik Jepang abad ke-20. Hingga 2002, setidaknya ada 55 juta porsi mie instan dikonsumsi setiap tahunnya di seluruh dunia.
Saat ini, Indonesia adalah produsen mie instan yang terbesar di dunia. Dalam hal pemasaran, pada tahun 2005 Tiongkok menduduki tempat teratas, dengan 44,3 milyar bungkus, disusul dengan Indonesia dengan 12,4 milyar bungkus dan Jepang dengan 5,4 milyar bungkus. Namun Korea Selatan mengonsumsi mie instan terbanyak per kapita, dengan rata-rata 69 bungkus per tahun, diikuti oleh Indonesia dengan 55 bungkus, dan Jepang dengan 42 bungkus.
Mie instan sudah merupakan salah satu makanan terfavorit warga Indonesia. Bisa dipastikan hampir setiap orang telah mencicipi mi instan atau mempunyai persediaan mi instan di rumah. Bahkan tak jarang orang membawa mi instan saat ke luar negeri sebagai persediaan “makanan lokal” jika makanan di luar negeri tidak sesuai selera. Ini karena rasa mie instan yang gurih sekali karena memakai berbagai bumbu yang tak jarang berbahaya bagi kesehatan seperti MSG, pengawet buatan, perasa buatan sehingga rasanya jadi seperti rasa ayam, sapi, bakso, dan sebagainya.
Mie instan memang bahan bakunya adalah tepung, tapi dalam proses pembuatannya juga ditambahkan dengan minyak sayur, garam, natrium polifosfat (pengemulsi, penstabil dan pengental), natrium karbonat dan kalium karbonat (keduanya pengatur keasaman), tartrazine (pewarna kuning). Kadang natrium polifosfat dicampur guar gum. Bahan lain misalnya karamel, hidrolisat protein nabati, ribotide, zat besi dan asam malat yang fungsinya tidak jelas. Selain minyak sayur, ada pula food additive.
Bumbu mie, misalnya garam, gula, cabe merah, bawang putih, bawang merah, saus tomat, kecap, vetsin (MSG) serta bahan cita rasa, juga banyak menggunakan additive. Belum lagi stirofoam dalam mie cangkir, yang dicurigai bisa menyebabkan kanker. Bagi balita, bahan-bahan ini juga bisa memperlambat kerja organ-organ pencernaan.
kemasan mie tedapat bahan yang bertuliskan MSG atau yang juga dikenal dengan Monosodium Glutamate (MSG), MSG juga biasa disebut vetsin atau michin. dibalik kenikmatan vetsin atau MSG ini, disinyalir berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia, terutama kesehatan anak-anak.
Jika digunakan secara berlebihan, MSG mempunyai efek negatif terhadap tubuh. mengkonsumsi MSG sebanyak 12 gram per hari dapat menimbulkan gangguan lambung, gangguan tidur dan mual-mual. Bahkan beberapa orang ada yang mengalami reaksi alergi berupa gatal, mual dan panas. bukan hanya itu saja MSG juga dapat memicu hipertensi, asma, kanker serta diabetes, kelumpuhan serta penurunan kecerdasan.
Kecap dapat menggunakan flavor, MSG, kaldu tulang untuk menambah kelezatannya. Dalam hal ini yang harus anda perhatikan dan dicamkan ialah “Peringatan bagi kita semua bahwa Mie Instan tidak boleh dimasak bersamaan dengan bumbunya karena MSG yang terkandung didalamnya bila dimasak diatas suhu 120°C akan berpotensi menjadi Karsinogen Pembawa Kanker. Perhatikan prosedur penyajian pada bungkus Mie Instan, semua menganjurkan agar masak mie dulu baru ditaburi bumbu atau bumbunya di taruh di mangkok.

Solusi yang Pernah Dilakukan
http://ajunkwees.files.wordpress.com/2010/06/dsc00375.jpg

Gambar 2.3 Mie Bayam

           
Solusi yang pernah dilakukan sebelumnya adalah mie yang terbuat dari bayam. Kita tahu bahwa kebanyakan dari masyarakat terutama anak-anak tidak menyukai sayuran. Oleh karena itu, walaupun anak-anak tidak mengkonsumsi sayuran kita tidak perlu kawatir akan tercukupinya keseimbangan gizi yang terandung dalam bayam tersebut karena didalam mie bayam ini sudah mengandung  vitamin dan zat-zat pengganti dari bayam itu sendiri. Ie bayam ini baik dikonsumsi oleh semua kalangan tanpa menghawatirkan zat-zat berbahaya yang terkandungnya.

Kehandalan Gagasan
Potensi Buah Labu untuk Bahan Baku Pembuatan Mie
Klasifikasi ilmiah dari alang-alang sebagai berikut (www.plantamor.com)
Kingdom         : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom    : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi    : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi               : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas               : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas        : Dilleniidae
Ordo                : Violales
Famili              :
Cucurbitaceae (suku labu-labuan)
Genus              :
Cucurbita
Spesies            : Cucurbita moschata
Tanaman Labu Kuning
Gambar.2.1 Buah Labu Kuning

Tanaman labu kuning merupakan suatu jenis tanaman sayuran menjalar dari famili Cucurbitaceae, yang tergolong dalam jenis tanaman semusim yang setelah berbuah akan langsung mati. Tanaman labu kuning ini telah banyak dibudidayakan di negara-negara Afrika, Amerika, India, dan Cina. Tanaman ini dapat tumbuh di dataran rendah maupun tinggi. Adapun ketinggian tempat yang ideal adalah antara 0 m — 1.500 m di atas permukaan laut (dpl.).
Batang labu kuning menjalar cukup kuat, bercabang banyak, berbulu agak tajam, dengan panjang batang yang mencapai 5 m — 10 m. Daun labu kuning berwarna hijau keabu-abuan, lebar dengan garis tengah mencapai 20 cm, menyirih, ujung agak runcing, tulang daun tampak jelas, berbulu agak halus dan agak lembek sehingga bila terkena sinar matahari akan menjadi layu. Letak daun labu kuning ini berselang-seling antar batang dengan panjang tangkai daun antara 15 cm — 20 cm.Bunga labu kuning berbentuk lonceng dan berwarna kuning. Dalam satu rumpun terdapat bunga jantan dan betina. Tanaman tabu kuning mulai berbunga setelah berumur 1 — 1,5 bulan.
Buah labu kuning atau yang sering disebut dengan waluh (Jawa Tengah), labu parang (Jawa Barat), ataupun pumpkin (Inggris), merupakan salah satu sayuran yang mempunyai bentuk bulat sampai lonjong dan berwarna kuning kemerahan. Pada bagian tengah buah labu kuning tersebut, terdapat biji yang diselimuti lendir dan serat. Biji ini berbentuk pipih dengan kedua ujungnya yang meruncing.
Berat buah labu kuning dapat mencapai ± 4 kg, bahkan jenis Cucurbita moschata dapat mencapai berat hi ngga ± 20 kg. Buah labu kuning sudah dapat dipanen pada umur 3 — 4 bulan, sementara dari jenis hibrida dapat dipanen pada umur 90 hari.
Salah satu faktor yang penting dalam suatu bahan makanan adalah kandungan gizinya. Labu kuning merupakan salah satu jenis tanaman pangan yang mempunyai kandungan gizi cukup tinggi dan lengkap. Labu kuning ternyata mempunyai manfaat bagi  kesehatan. Selain mencegah penuaan dini, labu kuning juga bermanfaat mencegah kanker. Secara lengkap labu kuning mempunyai kandungan gizi seperti yang disajikan dalam Tabel Komposisi Zat Gizi Tanaman Labu Kuning di bawah ini.
Tabel komposisi zat gizi labu kuningan per 100 g Bahan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
Kalori
Protein
Lemak
Hidrat arang
Kalsium
Fosfor
Zat besi
Vitamin A
Vitamin B
Vitamin C
Air
BDD
29,00     kal
1,10       g
0,30       g
6,60       g
45,00    mg
64,00    m
1,40      mg
180,00  Sl
0,08      mg
52,00     g
91,20     g
77,00    %
Sumber : Anonim 1972, direktoret Gizi Depkes RI
Dari tabel tersebut terlihat bahwa labu kuning merupakan sumber vitamin A dengan kandungan β-karoten yang sangat tinggi, yaitu 180,00 Sl atau sekitar 1.000-1.300 IU/100 g bahan. Disamping itu juga mengandung vitamin B dan C serta gizi lainnya seperti karbohidrat, protein, dan beberapa mineral yang meliputi kalsium, fosfor, dan zat besi.
Dalam labu kuning terkandung vitamin A, vitamin C dan Alpha hydrox-acid yang sangat bagus untuk kulit. Tidak hanya itu kandungan beta-carotene yaitu sumber antioksidan dalam labu kuning mampu mencegah penuaan dini dan kanker.  
Mineral zinc menjadi andalan labu, karena dapat meningkatkan sistem imun (pertahanan) tubuh. Belum lagi kemampuannya menurunkan osteoporosis, sebab zinc yang terkandung dapat membantu memadatkan tulang. Labu kuning semakin kaya manfaat , yaitu selain kaya akan serat berdasarkan penelitian labu kuning juga dapat menurunkan potensi penyakit jantung.
Mie dari buah labu lebih banyak mengandung karbohidrat dibandingan dengan mie dari bayam. Kelemahan mie dari bayam antara lain warna mie-nya tidak menarik sehingga menurunkan selera makan dan struktur mie-nya lembek karena kandungan karbohidrat yang terdapat pada bayam sedikit sekali. Sebaliknya kandungan karbohidrat pada buah labu lebih banyak sehingga mie yang dihasilkan lebih kenyal dan sedikir gurih. Citarasa mie labu yg tidak kalah dengan mie berbahan terigu, serta warna kuning alami dari labu.        


Strategi Penerapan
Mie labu dibuat dengan perbandingan campuran bahan tepung terigu dan tepung labu 50% : 50%.

Bahan  :

·         Labu kuning
·         Tepung terigu
·         Garam
·         Telur ayam
·         Air
·         Minyak goreng
·         Tepung maizena.

Alat     :

·         Panci
·         Baskom
·         Mixer
·         Penggiling mie
·         Blender


Proses pembuatan :
Diversifikasi labu (pembuatan tepung labu) :
     ·          Labu dipetik saat masih mangkel ( 5 – 10 hari lebih awal dari masa panen ), jika terlalu masak kadar airnya tinggi dan dagingnya lembek, serta kadar patinya rendah.
     ·          Labu dikupas dan dibelah. Kemudian lakukan pemblansiran ( proses ini seperti dikukus tetapi pengukus tidak perlu ditutup ). Sedangkan untuk menghindari warna labu berubah menjadi cokelat, rendam labu terlebih dahulu pada campuran air garam 1 %.
     ·          Selanjutnya labu diiris tipis dgn ketebalan 0,1 sampai 0,3 cm. Kemudian dijemur atau dioven sampai kadar air yg tersisa hanya 14%.
     ·          Hancurkan labu yang sudah kering dengan menggunakan blender, untuk menghasilkan butiran kecil. Lakukan penggilingan untuk tahap kedua, agar menghasilkan tepung labu yang lebih halus.
     ·          Setelah di jadikan tepung, kemudian di campur dengan tepung terigu, tepung maizena dan telur ayam
     ·          Kemudian diaduk menggunakan mixer, tambahkan adonan dengan air hingga menjadi adonan yang mudah di bentuk dan mudah di giling
     ·          Selanjutnya adonan digiling menggunakan penggiling mie hingga menjadi pipih, dan menghasilkan potongan – potongan mie yang panjang
     ·          Untuk memasaknya rebus dalam wajan yang besar hingga terapung. Mie pun siap untuk diolah menjadi menu mie labu yang lezat.

KESIMPULAN
Gagasan yang diajukan
            Keberadaan mie instan yang mengandung bahan-bahan berbahaya bagi tubuh, seperti Monosodium Glutamate (MSG), zat lilin, natrium polifosfat (pengemulsi, penstabil dan pengental), natrium karbonat dan kalium karbonat (keduanya pengatur keasaman), tartrazine (pewarna kuning) dapat menyebabkan kanker , memicu hipertensi, asma, diabetes, kelumpuhan serta penurunan kecerdasan. Hal ini perlu mendapat respon utama bagi masyrakat maupun pemerintah.
Dengan adanya kandungan serat, karbohidrat, dan mineral zinc yang cukup tinggi serta sedikitnya kandungan air pada buah labu kuning menyebabkan buah labu tersebut berpotensi untuk bahan baku pembuatan mie. Dengan dapat diproduksinya mie dari buah labu tentunya akan memberikan nilai ekonomi bagi buah labu tersebut dan hal itu dapat meminimalkan ketergantungan masyarakat terhadap mie instan.

Teknik Implementasi yang akan Dilakukan
·         Labu dipetik saat masih mangkel
·         Labu dikupas dan dibelah
·         Kemudian lakukan pemblansiran
·          Selanjutnya labu diiris tipis, Kemudian dijemur atau dioven sampai kadar air yang tersisa hanya 14%.
·         Hancurkan labu yang sudah kering dengan menggunakan blender
·         Lakukan penggilingan untuk tahap kedua, agar menghasilkan tepung labu yang lebih halus.
·         Adonan digiling hingga menjadi pipih, dan menghasilkan potongan – potongan mie yang panjang
·         Untuk memasaknya rebus dalam wajan yang besar hingga terapung. Mie pun siap untuk diolah menjadi menu mie labu yang lezat.


Prediksi Manfaat
a.      Menghasilkan produk makanan yang aman dan sehat untuk dikonsumsi masyarakat
b.      Menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi mie dari buah labu yang kaya akan manfaat bagi tubuh kita.
c.       Mengurangi angka kematian atau penderita penyakit kerusakan usus dan kanker getah bening












DAFTAR RUJUKAN
Ahira, Anne.2009.Manfaat Buah Labu.(online) www.anneahira.com/manfaatbuahlabu.diakses tanggal 8 Desember 2011.
Anonim.2009.Khasiat Buah Labu.(online) http://kir-31.blogspot.com/2009/11//khasiatbuahlabu. diakses tanggal 8 Desember 2011
Anonim.2011.Bahaya Mie Instan Bagi Kesehatan.(online) http://xamthone.biz/obat-herbal/bahaya-mie-instan-bagi-kesehatan.html. diakses tanggal 6 Desember 2011
Anonim. 1972. direktorat Gizi Depkes RI
Koerin.2009. Lingkungan Hidup Buah Labu. (online) http://k03rim4n5.wordpress.com/2009/02/14. diakses tanggal 8 Desember 2011
Pujiana. 2010. Komposisi Zat yang Terkandung dalam Buah Labu. (online) http://books.google.co.id/books?id=7MnEnbefkcQC&pg=PA11&lpg=PA11&dq=komposisi+zat+buah+labu+dalam+tabel.diakses tanggal 8 Desember 2011
Wibowo, Catur Adhi.2010. Nyam...Nyam Enaknya Mie Bayam .(online) http://www.detikfood.com/read/2010/01/15/141010/1279267/290/nyam-nyam-enaknya-mie-ayam-bayam. diakses tanggal 14 Desember 2011












Daftar Riwayat Hidup


Nama                                                   : FADHILAH RAHAYU
Tempat, tanggal lahir                             :  Malang, 6 Oktober 1992
Alamat asal                                           : Jl. Kresna Rt.07/Rw.03 no.17A Kelurahan    Polehan, Kota Malang.
Nama orang tua                                   : Riyadi Purwanto
Riwayat Pendidikan                             : SDN Polehan 1
  SMPN 5 Malang
  SMAN 5 Malang
  S1 Pendidikan Biologi Universitas Negeri  Malang
Alamat di Malang                                : Jl. Kresna Rt.07/Rw.03 no.17A Kelurahan Polehan, Kota Malang.
No. telp./HP                                        : 08990350058
E-mail                                                 : fadhilahrahayu@ymail.com
Prestasi `                                              : -
Pengalaman Organisasi                        :
1. Pengurus Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Malang (KOPMA)
Motto                                                  : “terkadang hidup terasa berat namun dengan berat itulah kita akan menjadi lebih kuat sehingga kita mampu mengangkat yang lebih berat”


Malang, 15 Desember 2011
Mengetahui,




Fadhila Rahayu
                                    NIM 110341421532







Daftar Riwayat Hidup

Nama                                       : LIA SEPDA KRISTIN
Tempat, tanggal lahir                 : Malang, 16 Juli 1992
Alamat asal                               : Desa Mendalanwetan Rt.19/Rw. 06 Kecamatan
  Wagir, Kabupaten Malang.
Nama orang tua                        : Janatin
Riwayat Pendidikan                  : SDN Mendalanwangi 02
  SMPN 1 Wagir
  SMAN 5 Malang
  S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri    Malang
Alamat di Malang                     : Desa Mendalanwetan Rt.19/Rw. 06 Kecamatan
  Wagir, Kabupaten Malang.
No. telp./HP                            : 085755534444
E-mail                                      : lia.sepda@yahoo.co.id
Prestasi `                                  : -
Pengalaman Organisasi             : belum ada
Motto                                      : “ Siapa yang Bersungguh-Sungguh Maka ia akan  Mendapatkan Apa yang ia Inginkan






Malang, 15 Desember 2011
Mengetahui,



Lia Sepda Kristin
NIM 110412406499






Daftar Riwayat Hidup


Nama                                                   : NOVRYKA RUSYIANA
Tempat, tanggal lahir                             : Kediri, 02 November 1992
  Alamat asal                                           : Jl. Tinalan gang 3 no.61 Rt.01/Rw.05   Kecamatan Pesantren, Kota Kediri.
Nama orang tua                                    : Suryono
Riwayat Pendidikan                              : SDN Banjaran 4
  SMPN 1 Kediri
  SMAN 8 Kediri
 S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran  Universitas  Negeri  



                           NOVRYKA RUSYIANA
                           NIM 110412406488


No Response to "PKM-GT"

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Posting Komentar

Feed facebook twitter friendfeed G+ Submit